Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi 1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP
2. Melibatkan Tim Penyusun KTSP
3. Pengaturan beban belajar
4. Penentuan KKM
5. Penyusunan Kalender Pendidikan
6. Kegiatan Ekstrakurikuler
7. Pengembangan silabus dan RP
1. Aspek penentuan KKM
2
Standar Proses 1. Lima mata Pelajaran memiliki RPP
2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
4. Supervisi kelas
5. Memberi kesempatan guru ikut pelatihan
1. Pengadaan buku teks siswa belum sebanding
2. menggunakan buku sumber diperpustakaan
3. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan 1. Siswa lulus di atas KKM
2. Ketersediaan bahan ajar
3. Penggunaan lab. Kompute
4. Penegakan tata tertib sekolah
5. Peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional
6. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
7. Ibadah sholat berjamaah
8. latihan musik hadrah
1. Majalah dinding
2. Penulisan Karya Ilmiah siswa
3. Mengikuti lomba ketrampilan berhitung dan menulis
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan 1. Pendidik latar belakang S1
2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP)
3. Guru mempunyai kompetensi Pedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
4. Guru mempunyai SK Pengangkatan GTT, GTY, DPK
5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S1
6. Rata-rata kehadiran guru dalam 1 semester 99%
7. Kelulusan siswa tiap tahun 100%
8. Memiliki penjaga sekolah
1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
2. Merencanakan program supervisi secara kontiyu
3. memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru mapel
4. Guru yang sudah berijazah S1 didorong untuk melanjutkan S2
5
Standar Sarana dan prasarana 1. Sekolah berada dilokasi yang aman
2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
4. struktur bangunan stabil dan kokok
5. Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan
6. Bangunan memiliki ventilasi udara yang cukup
7. instalasi listrik 1300 watt
8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
9. Sekolah memiliki sarana ruangkelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS, jamban/WC
10.Ruang kelas sesuai dengan jumlah siswa
11.memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder
1. Belum memiliki IMB
2. Sarana Kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa
3. Mengusahan untk buku IPA
4. Melengkapi sarana ruang perpustakaan
6
Standar Pengelolaan 1. Sekolah memiliki visi dan misi
2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
3. Sekolah memiliki tujuan lembaga rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan
4. Sekolah mempunyai struktur organisasi
5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
10.Evaluasi kinerja pendidik secara periode
1. Memberdayakan terhadap alumni
2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
3. Merencanakan pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi
4. Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dengan Teknologi Informatika (IT)
7
Standar Pembiayaan 1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana prasarana
2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
4. Sekolah memungut biaya pendidikan, 80% dari jumlah siswa
5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
1. Peningkatan honor atau gaji guru
2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan 1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
2. Teknik penilaian meliputi : tes, tertulis, lisa, sikap, tugas, dan portofolio
3. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia
4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang teah lulus
1. Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
2. Setiap tahun peningkatan KKM


Updated : 02/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar